Senin, 14 Februari 2011

Cinta Andromeda (Tria Barmawi)

Sinopsis:

Kika dan Wina selalu bilang pria idaman Salsabila tak mungkin ada di dunia. Lalu munculah Andromeda. Seketika Salsa jatuh cinta pada Andromeda yang sempurna sebagai pria menurut versinya. Yang tidak Salsa ketahui adalah sebuah proyek robotika besar, bernama Nunoid Project, yang berisi orang-orang ambisius, tengah berjalan dengan dia sebagai objeknya.
Wina yang jurnalis, penasaran akan jati diri Andromeda dan terus mencari tahu, dan bahaya pun mengancam dirinya.
Sementara di dalam tim Nunoid sendiri, perang batin antara kemanusiaan dan keinginan untuk menciptakan teknologi terbaru terus terjadi. Erik, salah satu senior di tim, jatuh cinta pada Salsabila, yang sama sekali tak pernah mengenalnya. Ketika perkembangan proyek mulai mengancam seluruh kehidupan Salsabila, Erik memberontak dan berniat menyelamatkan Salsa.


Fiuh, akhirnya setelah mengalami pergulatan yang cukup lama dengan internet yang makin melambat (huh! Dasar ******!), saya berhasil mempostingnya! Oke, novelnya emang bisa dibilang cukup lama—keluaran 2007—apalagi saya lebih duluan membaca Topsy-Turvy Lady yang keluar setelah novel ini (note: pengarangnya sama, Tria Barmawi).

Hm oke cukup deh curcolnya... Nggak penting banget hehe. Langsung cerita aja ya...
 
[ SPOILER ALERT !! ]


Mengisahkan tentang seorang gadis manis dan polos bernama Salsabila (Salsa) yang hidup di tahun 2070, di mana robot digunakan secara luas di seluruh dunia. Robot sudah dipekerjakan di rumah-rumah, di kantor, dan juga di pabrik. Serba robot di mana-mana.


Salsa bekerja sebagai perencana keuangan. Salsa memiliki 2 sahabat, Kika—seorang cerdas dan anggun yang bekerja di Vinidici Technology, suatu perusahaan teknologi lokal—dan Wina—seorang jurnalis di bidang fashion yang hobi bersenang-senang dan berasal dari keluarga kaya.


Suatu hari, Salsa bertemu dengan Andromeda (Andro) di monorail. Ia pun jatuh cinta padanya karena Andro adalah sosok yang baik dan gentle—yang sudah amat langka di abad itu—dan Andro adalah sosok yang selama ini Salsa impikan. Andro mengaku dirinya bekerja di divisi marketing perusahaan Synergi Software.


Setelah lama mengenal, Salsa dan Andromeda jadi dekat, dan akhirnya pacaran—owowow. Kika dan Wina juga telah mengenalnya.


Tapi sayang, sifat Andromeda yang terlalu baik dan cukup jenius karena bisa mengetahui banyak hal bahkan sampai data dari orang yang belum dikenalnya membuat Wina agak curiga dengannya. Wina pun mulai menyelediki sosok Andromeda. Tapi perbuatannya justru membuat Salsa kesal dan khawatir karena dipikirnya Wina menyukai Andromeda (wew, tipe cemburuan nih :p). Hubungan keduanya pun sempat memburuk. Tapi sayangnya... Saat Wina hampir menemukan jawaban dari semua kecurigaannya pada Andromeda, ia mengalami kecelakaan yang telah direncanakan seseorang... Rupanya orang itu tau Wina sudah mengetahui terlalu banyak tentang Andromeda.


Dugaan Wina benar. Andromeda bukanlah manusia biasa, karena sebenarnya Andromeda adalah robot yang menyerupai manusia (humanoid). Andromeda adalah robot uji coba dari Nunoid Project, proyek Vinidici Technology—tempat Kika bekerja. Andromeda sempurna, sulit dibedakan dengan manusia biasa. Gerakan tubuh, tampilan fisik, kemampuan komunikasi dan empatinya, mirip sekali dengan manusia.


Dan... siapa sangka, bila ternyata Kika juga termasuk dalam tim sukses dari Nunoid Project ini? Ia bersama Harrison, Erik, Ramon, Sonya dan Melati merencanakan uji coba Andromeda terhadap Salsa. Awalnya hanya 3 bulan, setelah itu Andromeda akan meninggalkan Salsa. Tapi rencana berubah ketika Vinidici Technology bekerja sama dengan Robotech Corporation, yang ingin membuat Andromeda sebagai android pertama yang mampu berkeluarga—tak hanya android yang bisa jadi teman atau pasangan hidup yang baik.


Bagaimana caranya? Dengan membuat Andromeda menikah dengan Salsa. Tapi Erik yang sebenarnya mulai menyukai sosok Salsa—karena ia-lah yang berada di balik Andromeda selama ini—tidak tega untuk menyakiti hati gadis itu. Ia pun keluar dari proyek itu, dan ia juga telah memperingatkan Kika agar sadar dari apa yang telah dilakukannya pada sahabatnya sendiri. Tapi Kika yang telah dibutakan oleh kesuksesan dan uang, tetap bersikeras (dasar -_-).


Namun setelah tahu kenyataan bahwa kecelakaan Wina memang disengaja oleh Harrison, Kika pun keluar dan berniat melaporkan Harrison pada pihak berwajib. Tapi sayangnya, Harrison tahu hal itu dan berusaha mencelakakan Kika dan Erik—yang akhirnya sembunyi bersama di tempat paman Erik.


Mereka menggagalkan pernikahan Salsa dan Andromeda, juga membawa Salsa ke tempat persembunyian. Setelah pengejaran dan pertarungan yang cukup alot—mengingat Erik dan Salsa hampir mati—Harrison mengakui kesalahannya dan keluar dari Nunoid Project. Proyek itu pun digagalkan—setelah Vinidici Technology membatalkan kerjasamanya dengan Robotech Corporation—dan akhirnya kembali ke tujuan semula yaitu menciptakan android sebagai teman dekat manusia.


-------------------------------------------------------------------------------------------


Kesan saya, buku ini unik. Nggak hanya tentang cinta dan persahabatan, tapi unsur teknologi juga membuat buku ini semakin menarik untuk dibaca. Saya jadi membayangkan bagaimana nanti tahun 2070 di dunia nyata. Apakah sama—robot telah mengambil alih semuanya? Wow... Menarik untuk dibayangkan!


Tapi setiap hal pasti ada kekurangan dan kelebihannya, ya ‘kan? Saya merasa kurang sreg-nya dan kurang "menggigit"nya buku ini, karena ada beberapa hal yang kurang detail. Contohnya, mengenai Salsa yang ternyata menikah dengan orang lain padahal ia pernah bilang akan mencoba dekat dengan Erik—inilah yang bikin saya memaki-maki tokoh Salsa ketika membacanya -__-“ Jadi ya terlalu dipaksain supaya everybody's happy... (ngg sebenernya ga tau juga ya Erik happy apa nggak -_-)


Buku ini juga ada hal yang dapat ditarik: bahwa secanggih-canggihnya teknologi ciptaan manusia, tetap saja tidak bisa menyamai ciptaan Tuhan T^T. Jangan pernah berpikir untuk menyamai ciptaanNya yang dahsyat. Dan, jangan sampai nih teknologi dan materi (uang!) membutakan seseorang untuk melakukan hal yang menyakiti, melukai, atau merugikan orang lain!




Judul             : Cinta Andromeda
Pengarang   : Tria Barmawi
Penerbit        : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal              : 336 halaman
ISBN               : 978-979-22-2630-0

0 comments:

Posting Komentar

Blog Template by SuckMyLolly.com